Temukan hikmah sejati...

Pagi ini sekilas melihat posting tentang buku  "The Things You Can See Only When You Slow Down".


Tentu ini tema yang menarik dan berbeda. 

Biasanya kita suka yang serba cepat.

Suka yang instant, mie instant, kopi instant, langsing instant, kaya instant.

.

Tapi disisi lain, cepat, instant itu juga bisa "menghilangkan" hal-hal yang penting dalam kehidupan. Kita perlu belajar tentang pentingnya melambat, memerhatikan, dan menjalin kedamaian dalam diri kita untuk menemukan hikmah sejati dan memahami makna sebenarnya dalam kehidupan.


"Hikmah sejati dapat ditemukan ketika kita memberi diri kita waktu untuk diam dan memerhatikan."


Yuk kita coba pelajari sedikit hal yang bisa jadi membuat hidup kita lebih bermakna :

.

1. Melambatkan langkah: 

Coba untuk mengenal manfaat dan pentingnya melambat. Tidak terburu-buru dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cobalah lebih sadar dan menghargai momen-momen kecil yang sering terlewatkan. Misalkan ketika membaca ini, cobalah resapi pelan-pelan, baca kata-per kata.


2. Memperhatikan dengan saksama: 

Coba latih memperhatikan dengan saksama apa yang terjadi di sekitar kita. 

Lihat sudut ruangan yang belum pernah kamu perhatikan sebelumnya. ada apa disana?

Coba dengarkan suara yang biasanya kamu abaikan? hembusan angin, suara burung?


Dalam kesibukan sehari-hari, kita bisa kehilangan banyak hal yang berharga. Dengan meperhatikan secara penuh sekeliling kita, temukan keindahan dan hikmah yang tersembunyi di sekitar kita.


3. Menemukan kedamaian dalam diri: 

Temukan kedamaian dalam diri kita melalui keheningan dan ketenangan. Dalam ketenangan tersebut, kita dapat memahami diri kita sendiri dengan lebih baik dan menemukan kebijaksanaan yang ada di dalam diri kita. Coba temukan 3 karakter yang ada dalam diri dan jadikan nilai diri.


4. Menemukan kehadiran sejati: 

Cobalah menjadi pengamat diri sendiri. Cukup diam dan temukan kehadiran sejati. Kenali si pengamat diri ini, sadari keberadaannya dan pahami segala hal dengan lebih jelas dan objektif.


5. Mengembangkan visi yang jelas: 

Ingat kembali pentingnya memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin kita capai dalam hidup. Terserah namanya goal, misi hidup, atau apapun tiu. Coba gambarkan dengan jelas : apa, dimana, kapan, bersama siapa, bagaimana suaranya, buat lebih jelas dan berwarna. Jadikan itu sebagai motivasi dalam menghadapi tantangan dalam mencapai tujuan kita.


6. Menghargai momen sekarang: 

Kembalilah ke saat ini. Rasakan momen sekarang dan syukuri apapun hidup di saat ini. Lupakan jebakan masa lalu, lepaskan kekhawatiran tentang masa depan. Hari ini, saat ini, waktu ini sangat berharga.


7. Menemukan jati diri sejati: 

Bangun hubungan yang baik dengan diri sendiri. Kenali diri lebih baik lagi. Pikiran kita, keyakinan dan nilai-nilai yang kita miliki, perasaan kita, tubuh dan fisik kita sebagai suatu kesatuan jati diri sejati. 

Selaraskan dalam perbuatan, sikap, dan kata-kata kita dengan nilai-nilai dan kebenaran yang autentik bagi diri kita.

.

Selamat melambat, memerhatikan, dan menjalani hidup dengan penuh kesadaran dan penghayatan. 

Di akhir tulisan ini, saya doakan kita semua dapat menemukan kedamaian, hikmah, dan kebijaksanaan yang terkandung dalam momen-momen sederhana dalam hidup kita.


Dapatkan 50 Prompt AI di : https://nas.io/kepo-ai-club
Simple man, High Attitude