Mempersiapkan Perjalanan!

Mempersiapkan Perjalanan!

Selamat!

Nas, kenapa kamu menjadikan “ini” sebagai goal kamu?

Apakah itu penting?

.

Pertanyaan ini membuat saya berhenti sejenak. Hening. Berpikir keras.

Iya ya… buat apa?

Apakah itu penting?

.

Alhamdulillah sudah ketemu jawabannya. Kapan-kapan akan saya sharing. Pada dasarnya dalam kehidupan kita penuh dengan pilihan-pilihan dan keputusan-keputusan. Dan ketika sudah menganalisa pilihan, lalu mengambil keputusan. Mulailah membuat perencanaan. Tiap orang punya cara merencanakan yang berbeda-beda. Tentu sebagai traveller mandiri kita harus bekerja extra keras untuk melakukan riset dan menyesuaikan perjalanan dengan apa yang kita inginkan.

Ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan :

1. Kenali apa yang kamu inginkan

Sebelum memutuskan, coba cari apa yang penting bagi diri kamu dalam suatu perjalanan tersebut. Apa tujuannya? apakah mau mengexplore suatu wilayah, atau untuk merenung sendiri, atau untuk mengembangkan diri. Apa kamu mau mencari suasana baru, sahabat baru, pengetahuan dan skill baru?

atau pun kombinasi dari semua itu. Buatlah prioritas.

2. Pilih tujuan

Mau dalam negeri, atau mau luar negeri. Sesuaikan dengan poin pertama di atas. Misal kamu ingin menguji kemampuan kamu bertahan, coba pilih negara dengan bahasa yang berbeda, temperature yang berbeda, budaya yang berbeda. Atau untuk pemula, mulai saja negara-negara yang cukup mudah dikunjungi seperti singapura atau Kuala lumpur misalnya.

Sesuaikan juga budget yang kamu miliki. Kalau saya sih berpatokan simple 1 hari 1 juta itu cukup untuk hidup. Kalau kamu jago hunting tiket dan hotel murah bisa berhemat sangat banyak kok. Tentu negara eropa dan amerika akan menguras kantong lebih dalam dibandingkan negara-negara asia.

Selain biaya, hal lain tentu masalah keamanan. Tentu ini sangat personal, tapi mulailah pelajari budaya dan kebiasaan negara yang kamu ingin kunjungi. Cari di google maupun youtube tentang hal tersebut.

3. Pilih waktu

Jika kamu tidak ada issue tentang biaya, biasanya tentu bingung menentukan waktu yang tepat. Misal harus cuti dari kantor, atau ada pekerjaan yang tidak mudah ditinggalkan, dan banyak hal-hal lainnya. Tentu pastikan juga negara tujuan bisa dikunjungi di masa-masa tersebut. Kadang tiap negara punya pertimbangan tersendiri. Misal kalau di musim hujan hindari negara yang sering kebanjiran. Atau ada negara yang di masa tertentu ada angin topan besar.

Di masa liburan tentu mencari tiket dan hotel lebih sulit dan berbiaya lebih mahal. Tapi tidak ada masalah karena kamu sudah menyiapkan untuk itu semua. Pilih juga negara yang secara politik cukup stabil, tidak ada perang, ataupun huru-hara di negara tujuan.

 

Dapatkan berbagai pengalaman dan artikel menarik berikutnya dengan memasukkan nama dan email kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *