Time line – Schedule Trip

Time line – Schedule Trip

Ketika mulai menyusun ittenary, selalu cek cuaca dan berbagai aktivitas di lokasi tujuan kamu. Misal ada pameran, seminar, parade, atau acara besar seperti olimpiade dan piala dunia yang bisa juga membuat harga tiket dan akomodasi naik berlipat-lipat.

Travelling ketika liburan sekolah dan masa masa tertentu juga membuat harga akan naik signifikan. Nah, sekarang bisa mulai lakukan perencanaan. Jika travelling dengan budget terbatas, coba pilih di waktu-waktu low season.

Time Line :

Satu tahun sebelum trip

Mulailah bermimpi pengen pergi kemana. Coba pikirkan apa yang kamu sukai, negara mana yang ingin didatangi, bisa jadi negara yang juga sedang populer wisatanya. Coba gali dari berbagai website, youtube, instagram, ataupun komunitas-komunitas traveller

Sembilan bulan sebelum trip

Rasanya Kamu sudah bisa menemukan inspirasi tujuan dari trip dalam waktu 3 bulan kan. Dan tentu sudah mulai kebayang berapa sih budget yang dibutuhkan untuk menjalankan rencana tersebut. Lalu kamu bisa gali lebih dalam berbagai alternatif di tujuan tersebut, destinasi, masyarakatnya, sampai hal hal detail tentang tujuan kamu.

Enam bulan sebelum perjalanan

Dalami rencana perjalanan, mau jalan sendiri, ikut tour, atau gabung di backpacker trip. Kumpulkan saja berbagai brosur dan informasi di blog tentang lokasi dan negara tujuan. Disana kamu bisa mulai membandingkan dan menyiapkan mental lebih kuat lagi lalu mulai memutuskan hal-hal mendasar, misal kan terkait tiket, penginapan, dan destinasi.

Empat bulan sebelum berangkat

Bersambung…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *